Selasa, 20 Agustus 2013

Cara Perbaiki TV Rusak Vertical Dalam Beberapa Jenis Kerusakan

Cara Perbaiki TV Rusak Vertical Dalam Beberapa Jenis Kerusakan

Kali ini saya membahas Cara Perbaiki TV jenis CRT yang mengalami Rusak Vertical Dalam Beberapa Jenis Kerusakan, untuk mempermudah pengertian saya juga tampilkan poto-poto jenis kerusakannya.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
1.Rusak Model 1


Nah Jenis Kerusakan Seperti disamping Biasanya di sebabkan tidak berfungsinya Defleksi Vertical, karena di sebabkan oleh Rusaknya IC Vertical, atau malah Tegangan VCC biasa +24volt tidak ada karena putusnya resistor FR untuk supplynya.
Jadi Anda perbaikannya coba cek tegangan +24v pada pin IC, jika ada, coba ganti ICnya.
Jika TV bisa nyalah normal, raster panjang akan berubah terang -gelap seiring gambar yg di tembakkan ke posfor layar.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
2. Rusak Model 2



Nah Rusak Sejenis ini biasa terjadi ada nya putus salah satu Kumparan Vertical,
Cara Mengetes Kumparan atas atau bawah yang purus paling gampang dengan memutus/melepas salah satu ujung kawat email dari salah satu Kumparan. biasa nilainya sekitar 18ohm.
Cara Perbaikan menurut pengalaman saya bisa di kerja sendiri, yakni dengan membongkar gulungan asli, lepas sampe ketemu Kawat putusnya kemudian gulung kembali dengan rapi, dah usahakan merata dari sisi kiri, tengah dan kanan,

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
3. Rusak Model 3
 

Jenis Kerusakan Vertical jenis ini biasa terjadi pada TV Toshiba Model Lama,  Gambar Hanya Nampah separoh, Ini disebabkan Oleh TIdak Berfungsinya Rangkaian Umpan Balik di blok Vertical dimana  biasa terjadi kekeringan pada elco-elconya.
Pengalaman Saya rusak pada Elco 1uf/50v dan elco 2,2uF-nya.

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

4. Rusak Model 4
 Nah kalo Rusak Vertical model ini di sebabkan putusnya defleksi Vertikal di bagian -V (Minus vertical). Coba Periksa Solderan Ke -v di PCB atau di Ujung Kabel pada Yoke.










5. Rusak Model 5

Nah Kalo Jenis Kerusakan Seperti Gambar di samping, anda melihat Gambar nya yang nampak Bergaris2 pada bagian bawah layar sehingga gambar tidak FuLL sampai di bawah, Untuk tv model lama biasanya bergaris bagian atas itupun sekitar 10 garis.
Ulasannya bisa lihat disini http://wyn-suparno.blogspot.com/2012/11/cara-memperbaiki-tv-yang-gambarnya.html#more





6. Rusak Model6
   
 12-13-13.
Nah Kali ini Jenis kerusakan Model 6, nampak seperti ilustrasi gambar di samping, dimana nampak pada raster ada garis, garis sekitar 6 buah.
Ulasannya lihat di :
http://wyn-suparno.blogspot.com/2012/12/cara-memperbaiki-tv-gambar-bergaris.html#more






7. Rusak Model 7

8. Rusak Model8
9. Rusak Model 9

10. Rusak Model 10

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
 Kalo seperti Gambar di samping, itu kerusakan Horizontal dengan gejala mencekung. ini terjadi hanya untuk, TV model SLIM dan tv model lama yg 29 inc keatas.
Pembahasanya lihat Alamat ling berikut : 

http://wyn-suparno.blogspot.com/2012/07/tv-slim-gambar-cekung.html


Sekian, Semoga Bermanfaat bagi anda yg sudah berkunjung, dan memberikan jalan keluar bagi mendapatkan masalah saat memperbaiki tv servisan anda. dan Rejeki melimpah juga bwat Penulis. thx.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar