Selasa, 20 Agustus 2013

Memperbaiki Tape Compo Polytron

Memperbaiki Tape Compo Polytron

Ini tape punya temen aku. Tape nya dah built in DVD player n Radio.

Kerusakannya cuma ga ada suara alias hening alias bisu alias mute

Singkat cerita, ini tape dibongkar, dan kelihatanlah ic suara AN17831A sedang bersandar di sebuah pendingin ber fan, dan bersembunyi di balik elco besar, tapi tetep saja ic nya kelihatan



Pengecekan pun dimulai.
Tape dinyalakan, coba berikan sentuhan di pin input ic AN17831A. Hmmmmmmm,, sunyi senyap.
Cek sinyal audio di jalur input ic AN17831A, ternyata kedua sinyal L & R hadir.
Cek komponen aktif di jalur pin mute ic AN17831A , masih ok semuanya.
Dengan ragu-ragu, akhirnya ic divonis rusak

Setelah penggantian, ternyata keraguanku terjawab sudah, tape masih diam membisu
Akupun malu, karena pekerjaan ini aku lakukan di depan kedua temanku
ic AN17831A  yang asli punya tape aku pasang lagi.

Akhirnya pengecekan tegangan aku lakukan di pin VCC, di sana terukur 16v. Pin STANDBY terukur 5v. Hmmmmmm,,,semua ada dan normal.

Untuk yang kedua kalinya pengecekan di jalur MUTE aku lakukakan. Setelah melakukan pencarian yang melelahkan, akhirnya ketemu jalur yang putus (masih di blok mute). Jalur ini memang ga kelihatan putus, tapi jika di ukur, ternyata putus. Untuk lebih meyakinkan, jalur yang putus coba aku korek pakai ujung probe avo meter andalanku, dan keyakinankupun bertambah setelah melihat jalur yang dilorek terlepas dari pcb nya

Setelah jalur yang putus dijumper, tape pun sudah kembali memamerkan suaranya, dan akupun sudah merasa lega

Makasih ya Allah atas semua petunjukMu

8 komentar:

  1. Klo yg untuk volume rusak dipasaran model seperti ini ada gan spare part nya gan mtr swn

    BalasHapus
  2. Saya awam elektronik,compo saya hidup,tapi gak keluar suaranya!!! Mesti diganti apanya dan tempat lokasinya sebelah mana

    BalasHapus
  3. Saya juga punya radio tape ini. Di vonis rusak IC programnya. Apa ada yang jual ya? Atau kalau dibeli dimana yang jual?

    BalasHapus
  4. kalok yidak mau menyala sama sekali rusak apanya ya gan??

    BalasHapus
  5. kalok yidak mau menyala sama sekali rusak apanya ya gan??

    BalasHapus
  6. Untuktype itu GD 912 M ukuran sepekernya berapa ya,,, saya pernah ukur 4,5 inci bener nggak sih

    BalasHapus
  7. Untuktype itu GD 912 M ukuran sepekernya berapa ya,,, saya pernah ukur 4,5 inci bener nggak sih

    BalasHapus